-->

(Pdf) Contoh Proposal Kerajinan Tas

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh proposal usaha kerajinan tas rotan. Proposal usaha merupakan sebuah proposal yang berisi rencana usaha dari seorang pelaku usaha atau dari sebuah perusahaan.

Salah satu contoh proposal usaha yang disajikan di sini adalah proposal usaha kerajinan tas. Usaha kerajina merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan karena sebuah kerajinan memiliki sifat keunikan tersendiri.

Baca juga:

proposal usaha kerajinan tas



Berikut ini contoh proposal usaha kerajinan tas rotan.


Download Contoh Proposal Usaha Kerajinan Tas Rotan

A. Pendahuluan

Manusia merupakan makhluk hidup yang dikenal dengan kreatifitasnya. Salah satu yang mendorong sifat kreatif pada manusia adalah diciptakannya akal bagi manusia. Dengan adanya akal, manusia dapat berpikir. Sehingga muncul-lah keinginan-keinginan baru yang membuat bumi ini menjadi indah.

Salah satu buah dari kreatifitas manusia adalah produk-produk dari kerajinan tangan. Dalam hal ini kita membicarakan produksi kerajinan tas. Berbagai model dari jenis bahan-bahan pembuatan tas ini berasal dari kreatifitas manusia. Salah satu kerajinan tas yang akan diangkat di sini adalah kerajinan tas anyaman.

Tas anyaman merupakan tas yang dibuat dengan cara dianyam atau disusun dengan menggunakan bahan-bahan anyaman seperti bambu, rotan, dan sebagainya. Keunikan dari tas anyaman ini tidak lain adalah karena proses pembuatan, bahan yang digunakan, dan kharisma yang muncul dari produk itu sendiri. Kesemuanya itu menjadikan tas anyaman ini unik dan berbeda dari yang lain.

Oleh karena itu, kami akan mengembangkan dan memberdayakan produksi tas anyaman tersebut. Kunci dari pengembangan dan pemberdayaan sebuah produk adalah dengan membuat pemasaran usaha yang baik, benar, dan menguntungkan.

B. Deskripsi Produk

Produk yang akan dibuat di sini adalah tas. Bahan yang digunakan adalah bahan anyaman berupa bambu, rotan, dan sebagainya. Model yang akan dibuat dikategorikan menjadi dua model: tas jinjing dan tas gendong.

Berikut ini contoh produk kerajinan tas. (Lebih lengkapnya silakan download pada link yang telah disediakan)

C. Strategi Pemasaran

Produksi kerajinan tas ini akan dipasarkan dalam beberapa cara sebagai berikut ini.

1. PO (Pre Order)

Kami membuka jasa pemesanan untuk desain tas yang diinginkan sesuai dengan selera konsumen.

2. Produksi Langsung

Kami juga akan membuat tas-tas yang diproduksi secara langsung disesuaikan dengan model yang telah disepakati.

Selanjutnya, dalam strategi pemasaran ini kami juga membuat katalog model produk kerajinan tas yang akan dipasarkan. Model-model tersebut disusun sesuai dengan model yang sedang trend di masa kini.

Untuk pemasaran produk, kami mengandalkan cara-cara sebagaimana banyak digunakan oleh perusahaan produksi lainnya, yaitu offline dan online. Untuk pemasaran offline itu sendiri, kami membuka toko di pusat pembelanjaan kecamatan Cisompet dan juga di tempat produksi. Dan untuk pemasaran online, kami membuka jalur-jalur online shop di berbagai sosial media.

D. Strategi Promosi

Promosi dalam sebuah usaha sangat lah diperlukan. Hal ini berguna untuk memperkenalkan produk ke pasaran. Untuk strategi promosi, kami akan menggunakan cara membuat event pameran dan bekerjasama juga dengan perusahaan-perusahaan lain yang senada dengan produk kami.

E. Permodalan

Untuk memulai menjalankan sebuah usaha, kita memerlukan modal. Dalam menghitung modal yang kita butuhkan, kita harus menjabarkan kebutuhan-kebutuhan untuk menjalankan usaha kita. Dalam hal ini yaitu usaha kerajinan tas, ada beberapa hal yang kita butuhkan.

1. Rotan dan bambu sebagai bahan

Cara kita mendapatkan rotan dan bambu sebagai bahan utama pembuatan kerajinan tas ini bersumber dari para petani yang memiliki ladang di kedalaman hutan. Kami telah melakukan survei mengenai pemasok bambu dan rotan ini di sekitar daerah kabupaten Garut dan kabupaten Sumedang.

2. Para pengrajin sebagai pelaku produksi

Para pengrajin untuk produksi kerajinan tas ini tidak mudah untuk ditemukan. Jumlah yang memiliki kemampuan di atas rata-rata pun masih tergolong sedikit. Oleh karena itu, kami mengadakan juga training bagi muda-mudi agar memiliki skil pengrajin kerajinan tas ini untuk selanjutnya menjadi pelaku produksi.

3. Biaya untuk pemasaran (offline dan online)

Dalam sebuah usaha, bidang pemasaran menjadi bidang yang juga penting. Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa pemasaran untuk usaha kerajinan tas ini akan menggunakan metode offline dan juga online. Permodalan pemasaran offline akan mencakup pendanaan lokasi toko. Sedangkan permodalan pemasaran online akan mencakup pendanaan pemasaran di berbagai media sosial.

4. Biaya promosi

Untuk promosi usaha kerajinan tas ini juga memerlukan permodalan. Sebagaimana yang telah direncanakan bahwa untuk sistem promosi akan diadakan pameran kerajinan baik itu pameran mandiri atau pun pameran kelompok.

Berikut ini rencana permodalan pertama untuk kebutuhan yang tertera di atas. (Lebih lengkapnya silakan download pada link yang telah disediakan)

F. Target Keuntungan

(Lebih lengkapnya silakan download pada link yang telah disediakan)

G. Penutup

Proposal usaha ini merupakan proposal usaha yang berisi rencana usaha kerajinan tas. Sebagai pelaku usaha, kita harus berani bermimpi, berani untung, berani rugi, dan menyeimbangkan pemikiran idealis dan realistis. Semua rencana usaha kerajinan tas ini sewaktu-waktu bisa berubah dalam praktiknya tetapi akan tetap dalam konsep dan idenya.

Baca juga:

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Kerajinan Tas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel