-->

(Pdf) Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Pemberdayaan

Pada artikel ini akan disajikan contoh proposal pengajuan dana kegiatan pemberdayaan yang disajikan dalam bentuk PDF. Namun sebelum menuju ke contohnya, di sini akan dijelaskan dulu alur pembuatan proposal pengajuan dananya.

Untuk membuat sebuah proposal pengajuan dana, pastikan terlebih dahulu kita sudah memiliki proposal kegiatan untuk sebuah kegiatan yang akan kita laksanakan. Misalnya, di sini kita akan melaksanakan kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan oleh pihak pemerintahan desa. Maka dari itu kita harus membuat terlebih dahulu propsoal kegiatannya.

Apabila proposal kegiatannya sudah dibuat, kita tinggal menambahkan poin untuk pengajuan dana disertai surat permohonan bantuan dana dari pihak yang menjadi atasan sebuah lembaga yang mengadakan kegiatan pemberdayaan ini.

Baca juga:

proposal pengajuan dana pemberdayaan



Berikut ini contoh proposal pengajuan dana kegiatan pemberdayaan.


Download contoh proposal pengajuan dana kegiatan pemberdayaan

A. Latar Belakang

PKTD atau padat karya tunai desa merupakan salah satu program kementrian desa di Indonesia. PKTD ini menjadi salah satu program yang berhak mendapatkan alokasi dana dari dana desa. Tujuan dibentuknya program PKDT ini adalah untuk memberdayakan pertumbuhan ekonomi di tingkat desa.

Berdasarkan musyawarah pada kegiatan sosialisasi PKDT, disepakatilah beberapa program yang akan dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti PKDT ini. Program-program tersebut antara lain memberdayakan pertanian dan perkebunan warga desa, membangun wisata, melaksanakan kerjabakti di wilayah logistik pangan, dan memberdayakan perikanan dan peternakan. Maka dari itu, dalam rangkan menindaklanjuti hasil musyawarah, kami akan melaksanakan program di atas yang dalam hal ini adalah memberdayakan pertanian dan perkebunan.

B. Tujuan

Berikut ini tujuan dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan.

1. Menindaklanjuti program PKTD berdasar hasil musyawarah.
2. Mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat.
3. Meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat.

C. Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah pemberdayaan pertanian dan perkebunan dengan tema kegiatan yaitu melalui pertanian dan perkebunan, kita hidupkan dan kembangkan perekonomian.

D. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan ini akan diadakan dalam rasio 4 pertemuan di bulan September yaitu pada setiap hari Minggu, tanggal 6, 13, 20, 27 September 2020.

E. Deskripsi Kegiatan

Kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan ini merupakan program turunan dari PKTD di desa Padarame. Kegiatan ini berisi dua jenis kegiatan: pemberian materi dan praktik. Setiap perwakilan dari kewilayahan di desa Padarame akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti bimbingan pemberdayaan pertanian dan perkebunan.

F. Peserta Kegiatan

Kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan ini akan melibatkan setiap perwakilan atau utusan dari kewilayahan desa Padarame. Setiap perwakilan atau utusan akan mengikuti kegiatan pemberian teori dan praktik tentang pemberdayaan pertanian dan perkebunan.

G. Panitia Kegiatan

Berikut ini susunan panitia pada kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan. Lebih lengkapnya silakan download pada link di atas.

H. Anggaran Biaya

Berikut ini anggaran biaya direncanakan oleh kepanitiaan. Lebih lengkapnya silakan download pada link di atas.

I. Permohonan Pengajuan Dana

Bersama dengan datangnya proposal kegiatan ini, kami segenap panitia kegiatan mengajukan permohonan bantuan dana untuk kelancaran kegiatan ini.

J. Penutup

Kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dalam menyikapi instruksi dari kementrian desa perihal PKTD. PKTD itu sendiri merupakan salah satu program desa yang pada masa pandemi ini menjadi prioritas. Karena PKTD ini merupakan program yang dapat mendongkrak perekonomian desa secara mandiri.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Pemberdayaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel