-->

2 Contoh Proposal Desa Pemberdayaan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh proposal kegiatan desa. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan. Salah satu tujuan dari dibuatnya proposal kegiatan adalah untuk menjaga ketertiaban administrasi dan keformalan kegiatan.

Baca juga:

proposal kegiatan desa pemberdayaan



Berikut ini contoh proposal desa pemberdayaan pertanian dan perkebunan.


Download Contoh Proposal Kegiatan Desa Pemberdayaan Pertanian dan Perkebunan.

A. Latar Belakang

PKTD atau padat karya tunai desa merupakan salah satu program kementrian desa di Indonesia. PKTD ini menjadi salah satu program yang berhak mendapatkan alokasi dana dari dana desa. Tujuan dibentuknya program PKDT ini adalah untuk memberdayakan pertumbuhan ekonomi di tingkat desa.

Berdasarkan musyawarah pada kegiatan sosialisasi PKDT, disepakatilah beberapa program yang akan dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti PKDT ini. Program-program tersebut antara lain memberdayakan pertanian dan perkebunan warga desa, membangun wisata, melaksanakan kerjabakti di wilayah logistik pangan, dan memberdayakan perikanan dan peternakan. Maka dari itu, dalam rangkan menindaklanjuti hasil musyawarah, kami akan melaksanakan program di atas yang dalam hal ini adalah memberdayakan pertanian dan perkebunan.

B. Tujuan

Berikut ini tujuan dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan.

1. Menindaklanjuti program PKTD berdasar hasil musyawarah.
2. Mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat.
3. Meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat.

C. Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah pemberdayaan pertanian dan perkebunan dengan tema kegiatan yaitu melalui pertanian dan perkebunan, kita hidupkan dan kembangkan perekonomian.

D. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan ini akan diadakan dalam rasio 4 pertemuan di bulan September yaitu pada setiap hari Minggu, tanggal 6, 13, 20, 27 September 2020.

E. Deskripsi Kegiatan

Kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan ini merupakan program turunan dari PKTD di desa Padarame. Kegiatan ini berisi dua jenis kegiatan: pemberian materi dan praktik. Setiap perwakilan dari kewilayahan di desa Padarame akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti bimbingan pemberdayaan pertanian dan perkebunan.

F. Peserta Kegiatan

Kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan ini akan melibatkan setiap perwakilan atau utusan dari kewilayahan desa Padarame. Setiap perwakilan atau utusan akan mengikuti kegiatan pemberian teori dan praktik tentang pemberdayaan pertanian dan perkebunan.

G. Panitia Kegiatan

Berikut ini susunan panitia pada kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan. Lebih lengkapnya silakan download pada link di atas.

H. Anggaran Biaya

Berikut ini anggaran biaya direncanakan oleh kepanitiaan. Lebih lengkapnya silakan download pada link di atas.

I. Penutup

Kegiatan pemberdayaan pertanian dan perkebunan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dalam menyikapi instruksi dari kementrian desa perihal PKTD. PKTD itu sendiri merupakan salah satu program desa yang pada masa pandemi ini menjadi prioritas. Karena PKTD ini merupakan program yang dapat mendongkrak perekonomian desa secara mandiri.

Proposal Pemberdayaan Desa


I. Pendahuluan

Pemberdayaan desa merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi lokal serta meningkatkan kemandirian ekonomi dan sosial. Desa XYZ, sebagai sebuah komunitas yang memiliki potensi besar namun masih membutuhkan dukungan dalam berbagai aspek, merumuskan proposal ini untuk mendukung proses pemberdayaan desa.

II. Latar Belakang

Desa XYZ terletak di daerah ABC dengan jumlah penduduk sekitar XX ribu jiwa. Meskipun memiliki potensi alam dan sumber daya manusia yang cukup, desa ini masih menghadapi berbagai tantangan seperti tingkat pengangguran yang tinggi, rendahnya akses terhadap pendidikan dan kesehatan, serta kurangnya infrastruktur dasar yang memadai. Oleh karena itu, perlu adanya upaya nyata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

III. Tujuan

Tujuan dari proposal ini adalah:

1. Meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan usaha mikro dan kecil.
2. Meningkatkan akses terhadap pendidikan dan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.
3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya lokal.

IV. Rencana Kegiatan

1. Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil
   - Pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat desa.
   - Pendirian pusat pengembangan produk lokal dan pemasaran.
   - Penyediaan modal usaha bagi kelompok masyarakat terpilih.

2. Peningkatan Akses Pendidikan dan Kesehatan
   - Renovasi dan perluasan fasilitas pendidikan dan kesehatan.
   - Penyediaan beasiswa pendidikan bagi anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu.
   - Kampanye kesehatan dan penyuluhan tentang gizi dan sanitasi.

3. Pengelolaan Sumber Daya Lokal
   - Pelatihan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.
   - Pengembangan kegiatan pertanian berkelanjutan.
   - Pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur desa.

V. Anggaran

Rincian anggaran untuk pelaksanaan program pemberdayaan desa ini adalah sebagai berikut:

1. Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil: XX juta
2. Peningkatan Akses Pendidikan dan Kesehatan: XX juta
3. Pengelolaan Sumber Daya Lokal: XX juta

VI. Manfaat yang Diharapkan

Dengan implementasi proposal ini, diharapkan masyarakat desa XYZ dapat mengalami perubahan positif yang signifikan dalam hal kesejahteraan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan pengelolaan lingkungan. Partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat serta kerjasama yang baik antara pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta diharapkan dapat mendukung keberhasilan penuh program ini.

VII. Kesimpulan

Pemberdayaan desa bukan hanya sekedar program, tetapi merupakan komitmen untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik secara berkelanjutan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan proposal ini dapat segera diimplementasikan untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan berkelanjutan desa XYZ.

Demikianlah proposal ini disusun dengan harapan dapat menjadi panduan bagi upaya pemberdayaan desa yang holistik dan berkelanjutan. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

[Nama dan Tanda Tangan Penanggung Jawab]

0 Response to "2 Contoh Proposal Desa Pemberdayaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel