-->

Contoh Proposal Bantuan Dana Untuk Bisnis

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh proposal bantuan dana. Proposal bantuan dana merupakan sebuah proposal yang dibuat dengan maksud mengajukan permohonan bantuan dana. Di antara macam-macam contoh proposal bantuan dana adalah bantuan dana pembangunan, bantuan dana pendidikan, dan bantuan dana usaha.

Di antara contoh-contoh proposal bantuan dana yang telah kita buat, salah satu yang menjadi trending adalah contoh proposal bantuan dana pembangunan jalan. Pembangunan memang merupakan agenda yang diprioritaskan oleh pemerintah. Maka dari itu proposal bantuan dana pembangunan jalan ini ramai dicari.

contoh proposal bantuan dana



Berikut ini contoh proposal bantuan dana bisnis ikan lele.

Download di sini.

A. Latar Belakang


Berbisnis pada hal yang berkaitan dengan hobi merupakan bisnis yang menjanjikan. Begitu pula bisnis dalam hal yang berkaitan dengan makanan. Namun kedua macam bisnis ini mememiliki kecenderungan yang berbeda.

Bisnis yang berkaitan dengan hobi memiliki kecenderungan pelanggan yang tidak terlalu banyak, namun keuntungan dari pelanggannya sangat menjanjikan. Sedangkan bisnis yang berkaitan dengan makanan atau kebutuhan hidup memiliki kecenderungan pelanggan yang banyak, namun keuntungannya per harganya bisa disebut kecil.

Bisnis ikan lele merupakan bisnis yang termasuk kepada kedua macam bisnis yang telah dijelaskan di atas. Ikan lele bisa dikategorikan sebagai sebuah hobi yang mana orang-orang menginginkannya sebagai koleksi atau peliharaan. Ikan lele juga bisa dikategorikan sebagai makanan yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

Oleh karena itu, kami menganggap dan memutuskan untuk memulai bisnis ikan lele. Karena berdasarkan fakta yang telah ada di lapangan menyatakan bahwa bisnis ikan lele sudah menjadi bisnis yang menjanjikan dalam dua kategori: hobi dan makanan.

B. Profil Usaha


Nama : Toko Lele Indah Jaya
Pemilik/Owner : Ahmad Isnaeni
Alamat Kantor : Jl. Cidahu RT. 04 RW 05 Ds. Neglasari Kec. Cisompet Kab. Garut
Layanan         : Ikan Lele

C. Layanan Produk


Berikut ini beberapa produksi dari Toko Lele Indah Jaya.

1. Ikan Lele Hias

Kami memproduksi ikan lele hias dalam negeri dan luar negeri. Pada produk ikan lele hias ini kami memfokuskan mangsa pasa di kalangan orang-orang pecinta koleksi ikan lele.

2. Ikan Lele Konsumsi

Kami memproduksi ikan lele yang biasa dikonsumsi untuk mangsa pasar para pedagang pecel lele maupun orang-orang rumahan.

3. Ikan Lele Original

Kami memproduksi ikan lele original yang biasa dipelihara di kolam untuk selanjutnya di konsumsi atau pun diperjualbelikan.

D. Survei Pasar


Dalam memulai bisnis ikan lele ini, tentunya kami sudah melakukan survei pasar. Dari survei yang kami lakukan, terkumpul beberapa fakta di antaranya sebagai berikut:

1. Kami tidak menemukan kompetitor yang memfokuskan dirinya berbisnis ikan lele.
2. Tidak terlalu banyak mangsa pasar untuk calon penggan ikan lele hias.
3. Minat konsumsi ikan lele di daerah mangsa pasar dikategorikan cukup bagus.

E. Analisis SWOT


1. Kekuatan

Kami memiliki kekuatan dalam bisnis ikan lele yaitu menyediakan berbagai jenis ikan lele yang dibutuhkan dan diinginkan para pelanggan.

2. Kelemahan

Kelemahannya yaitu mangsa pasar yang tidak bisa dipredikisi dengan tepat.

3. Peluang

Kami memiliki peluang dalam hal mendapatkan keuntungan berdasarkan produk yang kami punya.

4. Ancaman

Ancamannya yaitu laba yang tidak akan menentu pada grafik yang dibuat.

F. Strategi Pemasaran


Berdasarkan survei pasar, Toko Lele Indah Jaya memiliki strategi pemasaran sebagai berikut:

1. Iklan

Untuk bisa menggapai semua mangsa pasar yang ditargetkan, maka kami membutuhkan strategi pengiklanan yang baik.

2. Membuat terobosan baru

Untuk mengatasi persaingan ketat dengan para kompetitor, kami membuat terobosan yang bisa dijadikan point lebih untuk layanan jasa travel agent perusahaan kami. Kami membuat slogan “mudah, murah, dan memuaskan”.

G. Permohonan Bantuan Dana


Berdasarkan surat edaran yang menerangkan bahwa tersedianya bantuan dana untuk industri rumahan, dengan ini kami Toko Lele Indah Jaya mengajukan permohonan dana disertai lampiran proposal yang menerangkan bisnis yang akan kami jalankan.

H. Penutup


Sekian saja pengenalan perencanaan bisnis ikan lele kami. Semoga semua pihak dapat mendukung dan memiliki peran sesuai dengan kebutuhannya.

0 Response to "Contoh Proposal Bantuan Dana Untuk Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel