-->

(Pdf) Contoh Makalah Usaha Masker Kain

Pada artikel ini akan disajikan sebuah contoh makalah usaha masker kain. Makalah merupakan sebuah karya tulis kecil yang berisikan penjelesan beberapa permasalah yang telah dirumuskan. Usaha masker kain ini tergolong usaha yang menjanjikan namun tidak termasuk kategori bisnis jangka panjang.

Pembuatan makalah memiliki beberapa tujuan. Di antaranya adalah untuk mempermudah siswa atau mahasiswa dalam mempelajari suatu tema. Tujuan lain dari pembuatan makalah adalah untuk melakukan presentasi mengenai suatu tema tertentu. Biasanya seorang pelajar telah menguasai cara pembuatan makalah dari sejak sekolah menengah atas.

Baca juga:

makalah usaha masker kain



Berikut ini contoh makalah usaha masker kain.


Download Contoh Makalah Usaha Makser Kain

PEMBAHASAN

A. Bisnis Masker Kain

Bisnis bisa disebut juga niaga. Jadi berbisnis itu sama artinya dengan berniaga. Berbisnis merupakan kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba (untung). Berbisnis atau berniaga dapat kita pelajari dalam ilmu ekonomi. Merujuk satuan katanya, bisnis berasa dari bahasa Inggris “business” yang kata dasarnya adalah “busy” artinya sibuk. Jadi dapat dikatakan seseorang yang berbisnis adalah seseorang yang sibuk mengerjakan aktivas yang mendatangkan keuntungan (laba).

Dalam memulai sebuah bisnis, kita harus pandai menentukan produk apa yang akan kita jualbelikan. Dalam hal ini terdapat beberapa strategi untuk menentukan objek bisnis yang tepat.

a. Meneliti peluang dan pesaing

Sebelum memulai usaha, kita harus meneliti dulu mengenai peluang dari produk yang akan kita produksi. Produk yang kita miliki disarankan memiliki keunikan tersendiri agar dapat bersaing dengan kompetitor. Selain itu, kita juga harus pandai mengemas harga dan diskon. Pastikan bahwa para konsumen akan melirik produk kita karena kita pandai dalam membuat strategi pemasaran di dalam harga. Kemudian kita juga harus mengusahakan produk kita agar memiliki nama yang dikenal. Baik itu karena kita pandai mengatur diskon atau pun karena produk kita memiliki kualitas yang baik.

Setelah kita mengkaji peluang bisnis yang akan kita jalankan, selanjutnya kita beralih pada bidang pesaing atau kompetitor. Secara sederhana, kita harus meneliti terlebih dahulu jumlah kompetitor dalam bidang yang sama dan juga jumlah kopetitor dalam produk yang sama. Setelah data terkumpul, maka kita bisa akan mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan bisnis kita.

b. Mengenal pasar

Strategi selanjutnya adalah mengenal dan mengkaji pasar. Di sini kita berbicara mengenai target kita di pasaran dan seberapa besar kemungkinan konsumen menyukai produk kita. Kedua hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum memulai suatu usaha.

Kita harus menentukan terlebih dahulu target pasar kita. Sejauh mana pasar yang kita targetkan dan level apa saja mangsa pasar yang kita targetkan. Penentuan target pasar dapat dibantu oleh pengkajian peluang dan kompetitor yang telah dilakukan.

c. Mengkaji kemampuan produksi

Tahap selanjutnya adalah pengkajian kemampuan produksi. Kita harus mengkaji perusahaan kita dalam bidang produksi. Apakah kita sudah siap untuk melakukan produksi sesuai target yang telah ditentukan atau belum. Apabila memang belum, maka kaji kembali apa yang harus disiapkan itu melakukan produksi.

B. Manfaat Moril dan Materil dari Bisnis Masker Kain

Berikut ini manfaat moril dari bisnis masker kain:

1. Kita bisa berikutserta untuk meminimalisir penyebaran virus covid 19
2. Kita berikutserta dalam menjaga kesehatan masyarakat

Berikut ini manfaat materil dari bisnis masker kain:

1. Dengan besarnya kebutuhan masker di pasaran akan membuat keuntungan pengusaha menjadi lebih besar
2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan

Contoh di atas merupakan isi pembahasan dari makalah usaha masker kain. Untuk lebih lengkapnya silakan download pada link di atas.

0 Response to "(Pdf) Contoh Makalah Usaha Masker Kain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel