-->

2 Contoh Proposal Kerajinan Lampu Hias

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh proposal usaha kerajinan lampu. Proposal usaha merupakan sebuah proposal yang berisi rencana usaha dari seorang pelaku usaha atau dari sebuah perusahaan.

Salah satu contoh proposal usaha yang disajikan di sini adalah proposal usaha kerajinan lampu hias. Usaha kerajina merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan karena sebuah kerajinan memiliki sifat keunikan tersendiri.

proposal usaha kerajinan lampu



Berikut ini contoh proposal usaha kerajinan lampu hias.


Download Contoh Proposal Usaha Kerajinan Lampu Hias

A. Pendahuluan

Manusia merupakan makhluk hidup yang dikenal dengan kreatifitasnya. Salah satu yang mendorong sifat kreatif pada manusia adalah diciptakannya akal bagi manusia. Dengan adanya akal, manusia dapat berpikir. Sehingga muncul-lah keinginan-keinginan baru yang membuat bumi ini menjadi indah.

Salah satu buah dari kreatifitas manusia adalah produk-produk dari kerajinan tangan. Salah satu produk kerajinan tangan adalah kerajinan tangan yang berbahan dasar bambu dan kayu. Di sini, bahan kayu dan bambu akan dikreasikan menjadi produksi kerajinan tangan lampu hias.

Kerajinan tangan lampu hias ini dapat menjadi peluang usaha yang lumayan. Apabila kita dapat mengelolanya dengan baik, melakukan pemasaran, dan promosi yang baik maka usaha kerajinan tangan lampu hias ini juga akan baik dan menguntungkan.

B. Deskripsi Produk

Produk yang akan dibuat di sini adalah kerajinan tangan lampu hias. Bahan utama yang digunakan adalah bambu dan kayu. Kami akan mengkreasikan bahan kayu dan bambu menjadi lampu hias dengan berbagai macam ukiran, berbagai macam warna, dan dipadukan dengan berbagai macam lampu beserta ukurannya.

Berikut ini contoh gambar produk kerajinan tangan lampu hias. (Lebih lengkapnya silakan download pada link yang telah disediakan)

C. Peluang Bisnis

Usaha kerajinan tangan lampu hias ini memiliki peluang usaha yang bagus. Ditinjau dari kategori produksi, pengadaan produk kerajinan tangan lampu hias ini merupakan produksi yang unik dan memerlukan keterampilan khusus. Keunikan produk ini bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Ditinjau dari kategori pemasaran, tentunya dengan adanya pemasaran produk secara online, ini sangat membantu pemasaran produk kerajinan tangan lampu hias ini. Kemudian ditinjau dari segi promosi, kita dapat menggunakan strategi promosi diskon dan memainkan sistem ongkir.

D. Strategi Pemasaran

Produksi kerajinan tangan lampu hias ini akan dipasarkan dalam beberapa cara sebagai berikut ini.

1. PO (Pre Order)

Kami membuka jasa pemesanan untuk desain produk yang diinginkan sesuai dengan selera konsumen.

2. Produksi Langsung

Kami juga akan membuat produk disesuaikan dengan model dari katalog yang telah dibuat.

Selanjutnya, dalam strategi pemasaran ini kami juga membuat katalog model produk kerajinan tangan lampu hias yang akan dipasarkan. Model-model tersebut disusun sesuai dengan model yang sedang trend di masa kini.

Untuk pemasaran produk, kami mengandalkan cara-cara sebagaimana banyak digunakan oleh perusahaan produksi lainnya, yaitu offline dan online. Untuk pemasaran offline itu sendiri, kami membuka toko di pusat pembelanjaan kecamatan Cisompet dan juga di tempat produksi. Dan untuk pemasaran online, kami membuka jalur-jalur online shop di berbagai sosial media.

E. Permodalan

Untuk memulai menjalankan sebuah usaha, kita memerlukan modal. Dalam menghitung modal yang kita butuhkan, kita harus menjabarkan kebutuhan-kebutuhan untuk menjalankan usaha kita. Dalam hal ini yaitu usaha kerajinan tangan lampu hias, ada beberapa hal yang kita butuhkan.

1. Bahan

Bahan yang kita butuhkan adalah kayu dan bambu. Ditambah dengan bahan-bahan aksesoris lainnya yang akan menambahkan keunikan kerajinan tangan lampu hias ini.

2. Para pengrajin sebagai pelaku produksi

Para pengrajin untuk produksi kerajinan ini tidak mudah untuk ditemukan. Jumlah yang memiliki kemampuan di atas rata-rata pun masih tergolong sedikit. Oleh karena itu, kami mengadakan training bagi muda-mudi agar memiliki skil pengrajin kerajinan tangan lampu hias ini untuk selanjutnya menjadi pelaku produksi.

3. Biaya untuk pemasaran (offline dan online)

Dalam sebuah usaha, bidang pemasaran menjadi bidang yang juga penting. Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa pemasaran untuk usaha kerajinan tangan lampu hias ini akan menggunakan metode offline dan juga online. Permodalan pemasaran offline akan mencakup pendanaan lokasi toko. Sedangkan permodalan pemasaran online akan mencakup pendanaan pemasaran di berbagai media sosial.

Berikut ini rencana permodalan pertama untuk kebutuhan yang tertera di atas. (Lebih lengkapnya silakan download pada link yang telah disediakan)

F. Target Keuntungan

(Lebih lengkapnya silakan download pada link yang telah disediakan)

G. Penutup

Proposal usaha ini merupakan proposal usaha yang berisi rencana usaha kerajinan tangan lampu hias. Sebagai pelaku usaha, kita harus berani bermimpi, berani untung, berani rugi, dan menyeimbangkan pemikiran idealis dan realistis. Semua rencana usaha kerajinan ini sewaktu-waktu bisa berubah dalam praktiknya tetapi akan tetap dalam konsep dan idenya.

Proposal Kerajinan Lampu Hias


1. Pendahuluan
Dalam era modern ini, kebutuhan akan dekorasi rumah semakin meningkat. Salah satu elemen yang banyak diminati adalah lampu hias, karena tidak hanya berfungsi sebagai penerangan tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang mempercantik ruangan. Kami sebagai pengrajin lampu hias ingin mengajukan proposal ini untuk mengembangkan produk kami lebih lanjut.

2. Latar Belakang
Kami, [Nama Perusahaan], telah bergerak di bidang pembuatan lampu hias selama lebih dari [jumlah tahun] tahun. Selama ini, produk-produk kami telah diterima dengan baik di pasar lokal, namun kami ingin memperluas jangkauan pasar kami dan meningkatkan inovasi produk.

3. Tujuan
Tujuan dari proposal ini adalah:
- Mengembangkan desain baru yang lebih menarik dan sesuai dengan tren saat ini.
- Meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan yang meningkat.
- Memperluas distribusi produk ke pasar nasional maupun internasional.

4. Rencana Pengembangan
- Desain Produk: Kami akan menggandeng desainer profesional untuk menciptakan desain-desain baru yang unik dan inovatif.
- Peningkatan Produksi: Melakukan investasi dalam peralatan produksi dan peningkatan kapasitas tenaga kerja untuk memenuhi permintaan yang lebih besar.
- Pemasaran dan Distribusi: Mengembangkan strategi pemasaran yang efektif melalui media sosial, pameran, dan kemitraan dengan toko-toko retail terkemuka.

5. Manfaat
- Bagi Konsumen: Menyediakan lampu hias berkualitas tinggi dengan desain menarik untuk mempercantik rumah mereka.
- Bagi Perusahaan: Meningkatkan pendapatan dan profitabilitas melalui ekspansi pasar.
- Bagi Masyarakat: Memberikan lapangan kerja baru dan kontribusi ekonomi lokal.

6. Anggaran
- Biaya Pengembangan Desain: [Jumlah uang yang dialokasikan untuk pengembangan desain baru]
- Biaya Peningkatan Produksi: [Jumlah uang yang dialokasikan untuk peningkatan kapasitas produksi]
- Biaya Pemasaran: [Jumlah uang yang dialokasikan untuk strategi pemasaran]

7. Kesimpulan
Dengan meluncurkan produk-produk baru dan meningkatkan kapasitas produksi serta pemasaran, kami yakin dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dukungan dan kerja sama dari pihak terkait sangat kami harapkan untuk mewujudkan rencana pengembangan ini.

Demikianlah proposal ini kami ajukan. Terima kasih atas perhatian dan kerja sama yang baik dari Anda.

[Alamat dan kontak perusahaan]

Semoga contoh proposal ini dapat memberikan gambaran bagaimana struktur dan isi dari sebuah proposal kerajinan lampu hias. Adaptasi dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan spesifik perusahaan Anda.

0 Response to "2 Contoh Proposal Kerajinan Lampu Hias"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel