-->

Contoh Proposal Pengadaan Alat Kesenian Terbaru

Seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas contoh proposal pengajuan yaitu contoh proposal pengadaan alat kesenian. Perlu kita ketahui bahwa suatu lembaga pendidikan dan pelatihan biasanya memiliki payung hukum yang bisa melindungi eksistensinya. Sehingga hal tersebut menjadikan lembaga itu bisa terkenal dan mengajukan berbagai permohonan bantuan.

Baca juga:


contoh proposal pengadaan alat kesenian


Berikut ini contoh proposal pengadaan alat kesenian.

Membuat Cover Proposal

Cover proposal merupakan halaman muka proposal. Setiap orang yang membaca proposal pasti saat pertama kalinya akan melihat cover proposal. Oleh karena itu, cover proposal harus mengandung informasi yang menarik atau setidaknya mengandung informasi yang lengkap.

Pada cover proposal, ada empat hal yang bisa menjelaskan dan mewakili isi proposal. Keempat hal itu adalah judul proposal, logo proposal, alamat, dan tahun. Jika kita mengambil contoh kepada sebuah organisasi di sekolah, maka yang mesti kita sertakan sebagai logo adalah logo organisasi. Dan yang mesti kita sertakan sebagai alamat adalah alamat sekolah.

Membuat latar belakang

Latar belakang merupakan sebuah uraian-uraian tentang fakta-fakta yang terjadi pada suatu permasalahan. Jika dicontohkan kita ingin membuat proposal pengadaan alat-alat kesenian, maka kita harus menyuguhkan beberapa fakta mengapa kita membutuhkan alat-alat itu. Kemudian kita juga harus menyuguhkan sebuah fakta mengapa kita melakukan permohonan pengadaan kepada pihak-pihak terkait.

Membuat Maksud dan Tujuan

Selanjutnya kita akan membuat poin maksud dan tujuan. Maksud dan tujuan dibuat berdasarkan latar belakang. Jadi kita akan membuat beberapa maksud dan tujuan yang didasari uraian latar belakang yang telah kita buat sebelumnya.

Membuat Rancangan Anggaran Biaya

Selanjutnya adalah pembuatan rancangan anggaran biaya. Perlu kita lampirkan mengenai RAB ini karena hal ini lah yang menjadi penunjang proposal pengajuan dana untuk pengadaan alat kesenian. RAB harus dibuat sejelas mungkin agar orang-orang dan juga pihak terkait tidak mempertanyakan kebenaran dan keabsahannya.

Membuat Lampiran Permohonan

Kita mesti membuat lampiran permohonan untuk kita berikan bersama dengan proposal pengadaan ini. Hal ini merupakan salah satu dari syarat ketertiban administrasi. Pihak terkait akan merasa dihargai dengan disertakanya surat terlampir yang berisi permohonan untuk pengadaan alat kesenian ini.

Membuat Penutup

Poin penutup merupakan poin yang selalu ada dalam berbagai jenis proposal. Terkhusus untuk proposal pengadaan alat kesenian ini, penutup proposal diisi dengan doa dan harapan agar apa yang dimaksudkan dalam proposal ini bisa terwujud.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Proposal Pengajuan Dana Pengadaan Alat Kesenian

Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari dibuatnya proposal permohonan. Tujuan dari proposal permohonan ini adalah mengajukan sebuah permohonan agar pihak terkait memberikan bantuan kepada kita tentang kebutuhan yang kita ajukan dalam proposal. Nah, karena itu kita harus memberikan fakta-fakta agar kita menjadi orang yang dipercaya oleh pihak terkait. Berikut ini adalah faktor yang membuat proposal kita diterima.

1. Menjaga Komitmen

Dalam menjalin suatu hubungan, kita harus memiliki komitmen baik dengan pihak lain. Ini merupakan modal penunjang yang bisa membuat kita dipercaya sehingga proposal kita diterima dan dikabulkan.

2. Memberikan Bukti

Kita harus memberikan fakta-fakta dan bukti-bukti kuat tentang hal-hal yang kita lakukan berkaitan dengan proposal pengadaan alat kesenian. Misalnya kita menceritakan dan memberikan bukti tentang kegiatan-kegiatan yang kita lakukan dan juga prestasi-prestasi yang kita capai dari alat kesenian.

3. Memberikan Keuntungan

Kita harus membuat pihak lain menerima keuntungan juga. Jadi bisa dikatakan bahwa dalam hubungan yang kita lakukan harus ada sifat simbiosis mutualisme atau yang sering diartikan saling menguntungkan.

0 Response to "Contoh Proposal Pengadaan Alat Kesenian Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel