-->

Contoh Proposal Riset Manajemen Media Massa

seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh proposal riset manajemen media massa. Proposal riset merupakan sebuah proposal kegiatan penelitian. Jadi, bisa dikatakan seorang peneliti baik itu dari kalangan mahasiswa maupun kalangan dosen akan melakukan sebuah penelitian. Misalnya mereka ingin melakukan penelitian yang objeknya adalah manajemen media massa.

Contoh Proposal Riset Manajemen Media Massa


Berikut ini contoh proposal riset manajemen media massa.

Membuat Cover/Halaman Muka

Cover proposal biasa berisi tiga hal: judul proposal, logo, dan alamat kantor. Namun untuk versi lengkapnya kita bisa mengisi cover proposal dengan lima hal: judul, logo, penulis proposal, alamat, dan tahun. Misalnya kita membuat proposal untuk kegiatan riset bagaimana sistem manajemen di media massa. Kemudian untuk logonya tinggal dicantumkan logo yang berkaitan dengan instansi proposal.

Membuat Pendahuluan

Pendahuluan merupakan sebuah uraian pengantar proposal agar para pembaca dapat tertarik dan memahami secara global isi proposal riset ini. Pendahuluan terdiri dari beberapa poin yang menyusunnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Latar Belakang

Sebuah proposal baik itu proposal riset manajemen ini perlu adanya latar belakang. Latar belakang diisi dengan fakta-fakta umum di lapangan mengenai manajemen media massa. Kemudian dalam sebuah kegiatan penelitian kita akan melakukan sebuah riset terhadap fakta-fakta yang telah diuraikan di dalam latar belakang.

2. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang yang telah disusun, kita selanjutnya membuat rumusan permasalahan yang ingin kita ketahui atau ingin kita selesaikan. Bentuk rumusan masalah bisa kita buat dalam uraian singkat yang bersifat menindaklanjuti apa yang kita temukan dalam penguraian latar belakang.

3. Pertanyaan Penelitian

Kita harus membuat beberapa pertanyaan penelitian. Dalam penyusunannya, pertanyaan penelitian ini  dibentuk dalam pointer yang harus lebih dari dua pertanyaan. Tentunya, pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan harus lah bisa memenuhi jawaban dari riset manajemen media massa yang kita lakukan.

4. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian merupakan tindak lanjut dari pertanyaan penelitian. Dalam penyusunannya pun mengikuti penyusunan pertanyaan penelitian. Namun nantinya redaksi dalam tujuan penelitian itu berupa redaksi pernyataan yang juga dibuat pointer.

Membuat Profil Sasaran Riset Media Massa

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa pada proposal riset ini kita akan melihat dan meneliti manajemen suatu media massa. Nah, pada poin ini kita membuat profil media massa yang menjadi sasaran riset kita. Di antara poin-poin yang mesti ada di dalam tab profil media massa ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Profil Biodata

Di sini kita memperkenalkan tentang profil dari media massa yang akan kita riset. Seperti apa namanya, dimana alamatnya, kapan berdirinya, dan lain-lain.

2. Khalayak Pemirsa

Pada tab khalayak pemirsa, kita menjelaskan tentang para pemirsa yang menyukai dan menggemari media massa ini. Akan lebih bagus jika kita menyajikan data dalam berbagai bentuk terutama dalam bentuk tabel dan diagram.

3. Analisis SWOT

Pada poin analisis SWOT, kita menjelaskan tentang sebuah analisa untuk forum media massa ini. Di antaranya kita melihat tentang kekuatan media massa ini. Kemudia kita juga melihat kelemahan media massa ini. Setelah itu, kita harus mengimbanginya dengan menganalisa peluang dan tantangan dari berjalannya media massa ini.

Membuat Simpulan

Kita membuat poin simpulan yang menjadi perangkum hasil kegiatan riset kita. Dan hal ini pun perlu dicantumkan di dalam proposal riset manajemen media massa ini. Dalam penyajian simpulan, kita juga perlu menyajikannya dalam dua bentuk: tabel data dan uraian data.

Baca juga:

Itu lah penjelasan contoh proposal riset manajemen media massa. Di bawah ini mari kita refleksikan beberapa hal yang mesti dijelaskan kembali agar tidak salah faham.

Dalam pembuatan proposal kegiatan riset manajemen media massa, kita bisa membuatnya dalam segia dua jenis proposal. Pertama, proposal penelitian. Susunan proposal penelitian hampir sama dengan apa yang diuraikan di atas. Kedua, proposal kegiatan. Kita bisa membuat proposal kegiatan riset dalam bentuk yang lebih sederhana lagi. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Contoh Proposal Riset Manajemen Media Massa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel