-->

Contoh Proposal Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan dan Ulasannya

Seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh proposal kegiatan mahasiswa kewirausahaan. Sebagai mana kita ketahui bahwa dalam seputar proposal ini kita mempelajari tentang berbagai contoh proposal. Termasuk di dalamnya adalah proposal kegiatan mahasiswa.

Mahasiswa sebagai salah satu tingkatan pelajar tertinggi tentunya memiliki banyak rencana untuk mengadakan kegiatan. Kegiatan-kegiatan mahasiswa biasanya lebih berkualitas dan berbobot dibandingkan dengan kegiatan pelajar di tingkat bawahnya. Hal ini bisa kita duga dari tingkat kedewasaan dan kekreatifan dari mahasiswa itu sendiri.


Contoh Proposal Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan


Berikut ini contoh proposal kegiatan mahasiswa kewirausahaan.

Membuat Cover

Cover merupakan halaman muka atau halaman judul. Sebuah proposal kegiatan memerlukan cover. Isi dari cover antara lain adalah judul proposal, logo kegiatan, alamat kantor pelaksana, dan tahun.

Perlu kita ketahui bahwa logo yang dicantumkan di dalam proposal kegiatan memiliki beberapa ketentuan. Jika suatu kepanitiaan tidak membuat logo kegiatan, maka logo yang dicantumkan di dalam cover proposal kegiatan adalah logo organisasi. Namun jika suatu kepanitiaan membuat logo kegiatan, maka logo yang dicantumkan pada cover proposal kegiatan adalah logo kegiatan tersebut.

Kemudian pada bagian alamat pelaksana, dicantumkan di bawah logo. Untuk pelaksana kegiatan yang memang tidak memiliki kantor atau markas, boleh dicantumkan alamat lain yang mewakili alamat pelaksana kegiatan. Sedangkan untuk tahun, silakan isi dengan tahun pelaksanaan kegiatan.

Pendahuluan atau Latar Belakang

Langkah selanjutnya dari menyusun proposal kegiatan adalah membuat poin pendahuluan. Poin pendahuluan berisi uraian pengantar tentang bagaimana dan mengapa kegiatan ini mesti dilaksanakan. Kemudian sertakan juga uraian tentang tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini.

Lalu apa perbedaan antara pendahuluan dengan latar belakang?

Bisa dikatakan bahwa pendahuluan itu merangkum sekaligus antara latar belakang dan tujuan. Sedangkan latar belakang itu berdiri sendiri. Apabila proposal diawali dengan latar belakang, maka biasanya akan diikuti dengan poin tujuan yang juga berdiri sendiri.

Nama Kegiatan

Selanjutnya kita membuat poin nama kegiatan. Pada poin ini kita mencantumkan poin nama kegiatan. Kepanitiaan yang telah dibentuk sebelumnya akan merumuskan tentang nama kegiatan yang digunakan untuk kegiatan mahasiswa kewirausahaan ini.

Tema Kegiatan

Pada poin ini kita mencantumkan tema kegiatan. Sama seperti nama kegiatan, tema kegiatan juga telah dirumuskan oleh kepanitiaan. Di sini kita tinggal menuliskan tema kegiatan sesuai dengan rumusan dari kepanitiaan.

Agenda Kegiatan

Agenda kegiatan perlu dicantumkan di dalam proposal kegiatan. Hal ini berguna untuk para pembaca proposal mengetahui tentang acara-acara yang akan dilaksanakan pada kegiatan mahasiswa ini. Penyusunan agenda kegiatan disesuaikan dengan acara yang disusun oleh kepanitiaan.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Dalam sebuah proposal kegiatan perlu dicantumkan perihal waktu dan tempat kegiatan. Sama seperti poin-poin sebelumnya, waktu dan tempat kegiatan pun sudah dirumuskan bersama kepanitiaan. Hal ini berguna agar para pembaca proposal kegiatan mengetahui waktu dan tempat dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kepanitiaan

Sebuah kegiatan akan diprakarsai oleh suatu kepanitiaan yang sudah tersusun sebelumnya sesuai dengan kebutuhan kegiatan. Perlu pula pencantuman susunan kepanitiaan. Bukan hanya karena untuk persyaratan keformalitasan sebuah proposal, melainkan untuk diketahui bersama seluruh peserta kegiatan dan pihak lain yang terkait dengan kegiatan.

RAB

Selanjutnya kita akan mencantumkan susunan RAB yang telah dirumuskan oleh panitia. RAB merupakan rancangan anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan mahasiswa kewirausahaan ini. RAB dibuat secara jelas dan lengkap agar tidak menimbulkan kebingungan bagi para pembaca proposal.

Penutup

Poin penutup perlu ada di dalam proposal kegiatan. Hal ini berguna untuk menetapkan sifat keformalan proposal. Selain itu di sini kita juga bisa menuliskan ungkapan harapan dan doa.

Itulah gambaran contoh proposal kegiatan mahasiswa kewirausahaan. Dari uraian di atas ada makna tersirat bahwa sebuah proposal disusun berdasarkan hasil rapat kepanitiaan. Oleh karena itu ada tiga hal yang mesti kita prioritaskan dalam melaksanakan sebuah kegiatan.

1. Kepanitiaan

Kepanitiaan dibentuk oleh kepengurusan paling tinggi dalam sebuah organisasi. Hal yang mesti ada dalam kepanitiaan adalah ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksinya. Semua posisi memiliki tugas dan fungsinya masing-masing.

2. Agenda Kegiatan

Agenda kegiatan merupakan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan inti. Poin ini bisa juga disebut acara. Saya membagi agenda pada kegiatan ini kepada dua hal: kegiatan tunggal dan kegiatan bermacam-macam. Kegiatan tunggal misalnya seminar dan pengajian. Kegiatan bermacam-macam seperti kegiatan PHBI.

3. RAB

RAB adalah rancangan anggaran biaya. Suatu kegiatan bisa terlaksana tentunya karena ada biaya. Dan semuanya itu diperkirakan oleh kepanitiaan disesuaikan dengan acara yang akan dilaksanakan.

Ketika tiga hal ini sudah dikonsepkan, maka suatu kegiatan bisa terlaksana dengan sukses. Dilanjutkan dengan rapat-rapat kepanitiaan merumuskan segala hal tentang kegiatan. Kemudian hasil rumusan kepanitiaan bisa dituangkan dalam proposal kegiatan.

0 Response to "Contoh Proposal Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan dan Ulasannya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel