-->

Contoh Cara Membuat Proposal Kerjasama Bisnis

Seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita kan ngobrol-ngobrol tentang proposal kerjasama bisnis. Lebih umumnya kita akan membahas tentang contoh proposal kerjasama bisnis.

Berbisnis yang baik adalah berbisnis dengan membangun kerjasama. Dengan kerjasama, kita bisa membangun bisnis yang besar dan juga menguntungkan.

Dalam memulai suatu bisnis, kita juga memerlukan sebuah proposal. Mengapa sebuah proposal diperlukan? Berdasarkan uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa proposal bisnis diperlukan untuk dua hal:

1. Menjalin kerjasama
2. Mengundang sponsor

Baca juga:


Contoh Proposal Kerjasama Bisnis



Berikut ini contoh proposal kerjasama bisnis.


Dalam membuat sebuah proposal kerjasama bisnis, kita harus membuatnya dengan urutan seperti di bawah ini:

1. Membuat cover


Cover proposal merupakan halaman muka proposal. Cover proposal berisi judul proposal, logo bisnis, alamat kantor, dan tahun.

2. Membuat tab pendahuluan


Pada tab pendahuluan untuk proposal kerjasama bisnis, kita harus mengutarakan alasan-alasan yang mendorong kita ingin memulai suatu bisnis. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan profil bisnis secara umum. Dan diakhirnya, kita bisa memaparkan beberapa tujuan dari bisnis yang kita rencanakan.

3. Profil Bisnis


Tab selanjutnya adalah membuat profil bisnis. Di dalam profil bisnis, kita menjelaskan nama bisnis, produksi bisnis, dan alamat bisnis.

4. Survei Pasar 


Pada tab survei pasar, kita menjelaskan tentang hasil survei kita kepada pasar. Karena itu kita harus mensurvei terlebih dahulu kondisi pasar misalnya kita mendata kompetitor dan mendata presentasi konsumen di pasaran.

5. Strategi Pemasaran


Pada tab strategi pemasaran, kita akan memaparkan strategi yang bisa kita lakukan agar bisnis kita laku di lapangan. Tentunya hal ini akan mengacu kepada hasil survei pasar.

6. RAB


Poin ini terbilang penting. Mengapa? Setiap proposal kecuali proposal penelitian pastinya mencantumkan poin ini. Khusus pada proposal bisnis, biasanya poin poin RAB hanya mencakup RAB awal. Dan nantinya akan terus diperbaharui sesuai dengan perkembangan bisnis.

7. Penutup


Penutup proposal bisnis diisi dengan harapan, ucapan terimakasih, dan permohonan maaf jika memang ada kesalahan dalam penulisan proposal.

Ya, mungkin secara umum, 7 poin di atas perlu ada dalam proposal kerjasama bisnis. Selebihnya disesuaikan dengan kebutuhan ya.

0 Response to "Contoh Cara Membuat Proposal Kerjasama Bisnis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel