-->

Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang latar belakang proposal usaha makanan. Oke langsung simak saja artikel ini.

Baca juga:


Proposal Usaha

Apa itu proposal usaha? Proposal usaha merupakan proposal yang dibuat oleh seorang pengusaha untuk mendeskripsikan usahanya. Proposal usaha memiliki unsur-unsur penting. Di antaranya deskripsi produk, survei pasar, strategi pemasaran, dan analisis SWOT 

Deskripsi Produk


Deskripsi produk merupakan suatu uraian yang berisi gambaran tentang produk yang akan menjadi pokok usaha. Misalnya kita menjual produk minuman, produk makanan, atau pun produk peralatan. Otomatis kita perlu membuat sebuah penjelasan tentang apa makanan yang akan diproduksi, apa minuman yang akan dibuat, atau apa peralatan yang akan dipasarkan.

Survei Pasar


Dalam memulai sebuah usaha, kita harus melakukan survei pasar. Sebut saja kita akan membuat usaha makanan bakso. Maka kita harus mensurvei pasar sekurang-kurangnya pada poin-poin berikut ini:

1. Modal yang dibutuhkan
2. Kondisi pasar
3. Persentase keberhasilan
4. Kompetitor

Setelah kita melakukan survei, nantinya kita akan membuat strategi pemasaran.

Strategi Pemasaran


Dalam pembuatan strategi pemasaran, baiknya kita berpedoman kepada survei pasar. Perhitungannya, apabila modal yang dibutuhkan tidak cukup, maka kita harus memiliki strategi untuk menjalin kerjasama atau membuat sistem investasi. Apabila persentase keberhasilannya kecil, maka kita harus memikirkan peluang-peluang agar menaikkan persentasenya.

Analisis SWOT


Analisis SWOT merupakan sebuah analisis yang sangat berguna untuk sebuah usaha. Karena dengan menggunakan analisis SWOT, kita bisa merangkum kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan untuk usaha yang akan kita jalankan.

Latar belakang proposal usaha makanan



Latar Belakang Proposal Usaha Makanan


Latar belakang merupakan suatu hal yang harus ada dalam proposal. Jika kita membuat proposal usaha, proposal kegiatan, proposal apa pun, biasanya memang ada latar belakang. Namun bentuknya kadang berbeda.

Maksudnya, ada proposal yang membuat pendahuluan, ada juga yang langsung membuat latar belakang. Jadi, pendahuluan itu di dalamnya sudah mencakup latar belakang dan tujuan.

Cara Membuat Latar Belakang


Latar belakang dibuat biasanya dengan menggunakan paragraf deduktif. Jadi kita menuliskan hal umum kemudian menguraikannya dalam bentuk khusus. Pada intinya, latar belakang adalah alasan-alasan kita ingin memulai usaha yang akan kita mulai. Bisa lihat contoh latar belakang dalam proposal-proposal usaha yang telah dibuat pada link ini.

0 Response to "Latar Belakang Proposal Usaha Makanan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel