-->

(Pdf) Contoh Proposal Usaha Dagang Sembako

Pada artikel ini akan disajikan sebuah contoh proposal usaha dagang sembako. Proposal usaha merupakan proposal yang dibuat oleh seorang pengusaha untuk menjalankan usahanya. Usaha dagang sembako ini tergolong usaha yang menjanjikan dan termasuk kategori bisnis jangka panjang.

Pembuatan proposal usaha memiliki beberapa tujuan. Di antaranya untuk membuat sebuah usaha menjadi formal dengan adanya panduan atau ketentuan lengkap mengenai usaha yang akan dijalankan. Selain itu, proposal usaha juga dibuat untuk dokumen dalam melakukan kerjasama, sponshorship, atau permohonan bantuan dana untuk modal usaha.

Baca juga:

proposal usaha dagang sembako



Berikut ini contoh proposal usaha dagang sembako.


Download Contoh Proposal Usaha Dagang Sembako

A. PENDAHULUAN

Setiap manusia dituntut untuk memenuhi kebutuhannya. Dari sekian banyak pintu rezeki, salah satunya adalah melakukan bisnis atau jual beli. Contohnya adalah melakukan bisnis jual beli sembako dalam suatu perkampungan. Usaha tersebut merupakan usaha yang menjanjikan dan termasuk kategori usaha jangka panjang.

Tujuan utama berbisnis adalah untuk menghasilkan laba. Selain itu, dari kegiatan berbisnis atau berdagang juga muncul suatu tujuan lain yaitu mengalirkan uang dan kebutuhan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa berdagang atau berbisnis merupakan cara bertahan hidup yang paling sederhana.

B. Profil Toko

Kami akan membangun sebuah toko yang bisa mencukupi kebutuhan banyak orang sekitar satu wilayah kedusunan. Kami akan membangun sebuah toko sembako yang menyedikan segala kerpeluan masyarakat di sekitar kami. Terlebih lagi, toko yang akan kami buat bisa juga menjadi rujukan dari toko-toko kecil lainnya.

Tentunya untuk membuat sebuah toko diperlukan nama. Nama yang diberikan kepada toko yang akan kami bangun ini haruslah nama yang berupa doa agar mendapatkan keberkahan. Maka dari itu, kami akan memberikan nama untuk toko ini “Sembako Joyo Sakti”. Nama ini diambil dari owner toko yang memberikan permodalan yang sangat besar dengan konsep bisnis Islam.

C. Survei Pasar

Terdapat enam warung di jalan Merpati. Kesemuannya warung yang cukup besar. Tetapi setelah dilakukan survei di lapangan, ke-enam warung tersebut tidak memberikan pelayanan yang maksimal. Misalnya sebagai berikut:

1. Tidak tersedianya barang-barang secara lengkap.
2. Jam buka-tutup yang tidak menentu.
3. Harga melonjak diakibatkan pembelanjaan di tempat yang dekat.
4. Perputaran modal dan laba tidak dimaksimalkan sehingga mengganggu stabilitas ketersediaan barang.

Berdasarkan survei lapangan tersebut, kami dari Isnen Project melalui “Toko Sembako Joyo Sakti” akan memperbaiki kekurangan-kekurangan pada poin-poin yang telah disebutkan di atas. Harapannya adalah toko kami bisa bersaing dan memberikan pelayanan yang terbaik sehingga orang-orang dapat mengikuti konsep kita.

D. Rencana Anggaran

Setelah melakukan perhitungan awal, kami dari Isnen Project melalui “Toko Sembako Joyo Sakti” memperhitungkan anggaran yang diperlukan untuk pembangunan dan modal pertama, yaitu sebagai berikut bisa dilihat didownload.

E. Deskripsi Bisnis

“Toko Sembako Joyo Sakti” akan dibentuk toko yang besar. Gambarannya toko tersebut akan dibuat dua lokal pada satu bangunan. Lokal pertama untuk toko grosir besar. Lokal kedua untuk toko jajanan dengan desain setara minimarket.

Hal ini dibuat bukan tanpa tujuan. Tujuan utama dibuat dua lokal adalah untuk memberikan kenyamanan yang maksimal. Selain itu, dengan dibuatnya desain toko minimarket akan memudahkan anak-anak dan siapa saja yang ingin jajan dalam memilih jajanannya.

F. Analisis SWOT

Analisi SWOT merupakan analisa untuk membuat usaha. Berikut ini analisanya.

1. Strength
  • Mengutamakan pelayanan

2. Weakness
  • Modal pertama yang cukup besar membuat Isnen Project harus benar-benar teliti dalam memperhitungkan bisnis toko ini
3. Opportunity
  • Menjadi salah satu toko yang unggul
  • Menyediakan bahan-bahan lengkap
  • Memberikan harga yang wajar
4. Threat
  • Dikhawatirkan tidak mendapat dukungan yang maksimal terutama dari para kompetitor

G. Penutup

Isnen Project dalam salah satu programnya adalah mensejahterakan ekonomi kerakyatan. Dalam hal ini, Isnen Project berusaha untuk menyeimbangkan perputaran ekonomi di wilayah jalan Merpati. Isnen Project akan membuat “Toko Sembako Joyo Sakti”. Semoga niat ini menjadi niat baik dan bisa dilaksanakan dengan lancar. Sekian penutup proposal usaha dagang sembako ini.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Usaha Dagang Sembako"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel