-->

(Pdf) Contoh Proposal Usaha Minuman Kopi

Pada artikel ini akan disajikan sebuah contoh proposal usaha minuman kopi. Proposal usaha merupakan proposal yang dibuat oleh seorang pengusaha untuk menjalankan usahanya. Usaha minuman kopi ini tergolong usaha yang menjanjikan namun tidak termasuk kategori bisnis jangka panjang.

Pembuatan proposal usaha memiliki beberapa tujuan. Di antaranya untuk membuat sebuah usaha menjadi formal dengan adanya panduan atau ketentuan lengkap mengenai usaha yang akan dijalankan. Selain itu, proposal usaha juga dibuat untuk dokumen dalam melakukan kerjasama, sponshorship, atau permohonan bantuan dana untuk modal usaha.

Baca juga:

proposal usaha minuman kopi



Berikut ini contoh proposal usaha minuman kopi.


Download Contoh Proposal Usaha Minuman Kopi

A. Pendahuluan

Bidang wirausaha merupakan salah satu bidang yang sangat menarik untuk dijadikan lahan pekerjaan atau sumber mata pencaharian. Karena di dalam bidang wirausaha ini, seorang wirausahawan memiliki dua jabatan dalam satu waktu. Di satu sisi dia adalah seorang bos dan di sisi lain dia juga karyawan. Tentunya hal ini akan sangat terasa pada wirausaha berskala kecil.

Di zaman modern ini, sedang gencar-gencarnya lahan kewirausahaan ditekuni oleh banyak orang. Banyak sekali bentuk dan model serta sistem kewirausahaan. Dari mulai membentuk UMKM untuk membantu para wirausahawan sampai mengandalkan sistem kerjasama yang bermacam-macam.

Berdasarkan hal di atas, kami berinisiatif untuk memulai usaha minuman kopi. Usaha minuman kopi ini akan dilakukan bersama dengan perusahaan induk yakni perusahaan Isnen Project. Dalam modelnya, usaha minuman kopi ini akan menjadi anak dari perusahaan Isnen Project dengan berbagai kesepakatan yang akan dirumuskan bersama.

B. Deskripsi Usaha

Pada bagian deskripsi usaha akan dijelaskan berbagai poin yang akan menggambarkan usaha minuman kopi ini. Di antara poin-poin tersebut adalah model usaha, sistem pemasaran atau promosi, menu usaha, dan keunikan usaha.

Usaha minuman kopi yang akan kami buat akan didesain dalam bentuk cafe. Kami telah melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan untuk dibuatnya cafe ini. Dalam bagian survei pasar akan dijelaskan rincian mengenai suasana lokasi cafe yang direncanakan.

Untuk sistem pemasaran, kami merencanakan pemasaran dan promosi berupa diskon untuk dalam berbagai metode. Kami juga akan membuat pamvlet untuk melakukan pengiklanan dan promosi yang akan disebarkan pada pasaran.

Kami merencanakan menu usaha yang akan disajikan dikategorikan menjadi dua jenis. Pertama, menu primary yaitu kopi dengan berbagai jenis baik itu bersumber dari Indonesia dan juga kopi dari luar negeri. Kedua, menu pelengkap yang terdiri dari minuman lainnya disesuaikan dengan survei cafe-cafe pada zaman ini.

Keunikan usaha ini berasal dari segi desain cafe. Kami akan membuat desain cafe dengan seni perpaduan budaya Timur Tengah, Eropa, dan Indonesia. Dengan desain seperti itu, diharapkan banyak peminat yang akan berkunjung ke cafe tersebut. Karena kenyamanan dari segi desain tempat menjadi salah satu faktor yang membuat suatu usaha ramai pengunjung. 

C. Survei Pasar

Kami telah melakukan survei pasar di lokasi yang direncanakan. Kategori survei yang dilakukan di antaranya adalah lokasi, suasana, dan pelanggan. Kami telah membentuk tim untuk melakukan survei di atas dalam jangka waktu satu minggu.

Kami telah mensurvei lokasi yang akan dijadikan tempat cafe usaha minuman kopi ini. Lokasi yang direncanakan bertempat di Jl. Merdeka, Kota Garut. Lokasi tersebut dinilai bagus untuk dijadikan tempat cafe usaha minuman kopi ini.

Kami juga telah mensurvei suasana di lingkungan lokasi yang direncanakan. Kami menilai suasana di lokasi tersebut merupakan suasana yang sangat cocok untuk dibuat cafe usaha minuman kopi di sana. Terutama apabila kita bisa menghidupkan daya tarik dari segi desain cafe yang menuntut kenyamanan pelanggan.

Kategori selanjutnya adalah survei pelanggan. Karena lokasi tersebut lokasi perkotaan, maka pelanggannya pun sangat heterogen. Bukan saja warga setempat yang sering melewati jalan itu, tetapi juga warga lainnya pun ditargetkan sebagai pelanggan. Kalangan mudanya pun tergolong heterogen dan banyak. Lokasi tersebut juga tidak jauh dari dunia mahasiswa.

D. Perencanaan Anggaran

Untuk memulai usaha minuman coklat ini, telah direncanakan anggaran sebagai berikut. Lebih lengkapnya silakan download.

E. Penutup

Usaha minuman kopi ini merupakan salah satu usaha yang sedang ramai saat ini. Karena itu lah dibuat usaha minuman kopi untuk mengikuti tren masa kini dengan menambahkan keunikan tersendiri. Semoga usaha ini dapat berjalan lancar dan berkah.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Usaha Minuman Kopi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel