-->

(Pdf) Contoh Proposal Usaha Cafe

Pada artikel ini akan disajikan sebuah contoh proposal usaha cafe. Proposal usaha merupakan proposal yang dibuat oleh seorang pengusaha untuk menjalankan usahanya. Bisnis usaha cafe ini tergolong bisnis yang menjanjikan dan termasuk kategori bisnis jangka panjang.

Pembuatan proposal usaha memiliki beberapa tujuan. Di antaranya untuk membuat sebuah usaha menjadi formal dengan adanya panduan atau ketentuan lengkap mengenai usaha yang akan dijalankan. Selain itu, proposal usaha juga dibuat untuk dokumen dalam melakukan kerjasama, sponshorship, atau permohonan bantuan dana untuk modal usaha.

Baca juga:

proposal usaha cafe



Berikut ini contoh proposal usaha cafe.


Download Contoh Proposal Usaha Cafe

A. Latar Belakang

Usaha merupakan salah satu cara pemenuhan kebutuhan hidup. Dengan dibentuknya perusahaan Isnen Project, kami berkomitmen untuk melebarkan sayap dalam bidang wirausaha.

Kali ini kami akan mulai membuka usaha cafe. Usaha cafe ini bukan lah usaha baru. Banyak sekali para pengusaha lain yang telah menjajal bisnis usaha cafe ini. Tetapi karena bisnis usaha cafe ini memerlukan modal yang cukup besar maka kami perlu menjajal usaha lain untuk mengumpulkan modal membuka usaha cafe ini.

B. Deskripsi Bisnis

Usaha yang akan kami buat adalah usaha cafe. Kami berencana akan membuat cafe sederhana dengan menu makanan dan minuman. Target pasar usaha cafe ini adalah para pemuda-pemudi atau kalangan milenial. Hal yang tidak boleh tidak ada di cafe ini adalah wifi. Kami berkomitmen untuk memberikan fasilitas tersebut.

C. Survei Pasar

Kami telah melakukan survei pasar. Perlu diketahui juga bahwa usaha cafe ini akan berlokasi di desa Padarame. Desa Padarame ini merupakan desa wisata baru sejak Garut Selatan diresmikan menjadi kabupaten terpisah.

Kami telah melakukan survei pasar pada beberapa kategori: target pasar dan pesaing. Keadaan target di pasaran memang tidak semembludak daerah kota. Desa Padarame baru menjadi desa wisata dan sedang memasuki gerbang keramaian. Kalangan pemuda-pemudi milenial yang ada di Padarame sudah mencapai kategori cukup untuk dibuatkan cafe di sana.

Nyaris belum ada satu pun pesaing dengan bentuk cafe atau pun kantin di desa Padarame ini. Alasannya adalah karena Padarame merupakan wilayah yang baru memasuki taraf kota seiring dengan pemekaran kabupaten Garut Selatan.

D. Peluang Bisnis

Peluang setiap usaha atau pun bisnis adalah fivety-fivety. Hitungan yang rasional yang digunakan untuk menghitung peluang bisnis adalah dengan mencerna data survei pasar. Berdasarkan data yang didapat pada survei pasar, berikut ini peluang bisnis usaha cafe.

1. Dengan mulai majunya wilayah desa Padarame yang ditandai dengan pemekaran kabupaten Garut Selatan menjadi sebuah peluang besar bagi dibukanya berbagai usaha termasuk usaha cafe ini.
2. Dengan tidak adanya pesaing yang telah mendirikan usaha cafe ini menjadi peluang besar bagi kami untuk menjadi wirausaha pertama bisnis cafe ini.

E. Analisis SWOT

1. Strenght

Memberikan harga yang terjangkau
Memberikan kualitas yang terjamin
Memberikan fasilitas yang lengkap

2. Weakness

Jumlah pelanggan yang tidak stabil akan mempengaruhi kelancaran usaha

3. Opportunities

Kalangan milenial yang membutuhkan saran dan prasana untuk berkumpul

4. Threat

Tidak stabilnya pelanggan

F. Perencanaan Anggaran

Kami telah melakukan pembicaraan untuk merumuskan anggaran dana pembuatan usaha cafe ini. Berikut ini rinciannya yang terdapat pada link download.

G. Penutup

Usaha cafe ini merupakan bisnis yang menjanjikan apalagi jika dikelola dengan sangat baik. Berhubung daerah tempat cafe ini merupakan daerah kota baru maka akan sangat cocok untuk dibuatkan usaha cafe ini. Semoga usaha ini berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Usaha Cafe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel