-->

Penjelasan dan Contoh Proposal Bantuan UMKM

Seputarproposal.com - Pada artikel kali ini kita akan membahas contoh proposal bantuan UMKM. UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. Pemerintah memiliki program bantuan bagi setiap pengusaha yang termasuk kategori UMKM.

Contoh Proposal Bantuan UMKM



Contoh Proposal Bantuan UMKM


Membuat Cover


Buatlah cover proposal bantuan UMKM dengan mencantumkan nama usaha, logo usaha, alamat usaha, serta tahun proposal.

Membuat pendahuluan proposal


Pendahuluan proposal berisi uraian latar belakang dan tujuan-tujuan penulisan proposal ini.

Membuat profil usaha


Di dalam profil usaha, kita menjelaskan tentang profil usaha kita mulai dari nama usaha, produk, dan alamat usaha kita.

Membuat survei pasar


Pada poin survei pasar kita menyebutkan beberapa hal yang menjadi hasil survei yang menunjang keberhasilan usaha kita. Di antara hal yang mesti kita survei adalah saingan dan kondisi mangsa pasar.

Membuat strategi pemasaran


Pada poin ini kita akan menuturkan beberapa strategi khusus yang kita miliki guna memperkuat usaha kita di pasaran. Dan untuk mengisi strategi pemasaran ini kita akan melihat dan menyesuaikan dengan hasil survei pasar.

Membuat RAB


Untuk memulai sebuah usaha, mestinya kita memperkirakan terlebih dahulu mengenai permodalan yang kita butuhkan. Dan hal ini akan kita tuangkan dalam bentuk RAB.

Membuat Analisis SWOT


Analisis SWOT merupakan sebuah metode analisis yang biasa digunakan untuk bisnis atau usaha. Dalam analisis SWOT, kita menganalisa kekuatan usaha, kelemahan usaha, peluang usaha, dan tantangan usaha.

Membuat lampiran permohonan bantuan dana


Di sini kita akan membuat sebuah uraian yang berisi tentang kalimat permohonan bantuan dana kepada pemerintah untuk usaha kita di dalam program UMKM. Sebenarnya untuk lampiran permohonan ini bisa dibuat dengan dua cara:

1. Dimasukkan ke dalam struktur proposal bantuan dana

2. Dibuat lampiran yang berdiri sendiri

Membuat poin penutup


Penutup proposal bantuan dana berisi kata penutup yang menyiratkan harapan dan doa untuk keberhasilan usaha kita di dalam UMKM.

Jenis-jenis UMKM


Sebagaimana kita ketahui bahwa UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. Yang mana UMKM ini merupakan program bantuan dari pemerintah bagi para pengusaha dengan modal yang minim, jangkauan usaha yang minim, dan jaringan usaha yang minim.

Beberapa usaha seperti kios, pedagang kaki lima, pedagang asongan, dan usaha lainnya akan diberdayakan dalam program UMKM ini. Kita bisa mencari-cari informasi tentang bagaimana caranya kita bisa mendaftarkan diri untuk masuk dalam program UMKM ini. Karena program UMKM ini sangat membantu para pengusaha kecil agar bisa berkembang dan maju. - Pada artikel kali ini kita akan membahas contoh proposal bantuan UMKM. UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. Pemerintah memiliki program bantuan bagi setiap pengusaha yang termasuk kategori UMKM.

Proposal bantuan dana


Proposal bantuan dana merupakan proposal yang dibuat untuk mendapatkan bantuan dana dari pihak lain. Biasanya proposal bantuan dana ini adalah tindak lanjut dari proposal kegiatan dan proposal usaha.

Ilustrasi penggunaan proposal bantuan dana


Seorang pengusaha akan membuat sebuah usaha baru. Pengusaha tersebut akan mendaftarkan diri kepada program UMKM untuk mendapatkan bantuan dana. Maka dari itu dia perlu membuat proposal usaha sekaligus proposal bantuan dananya.

0 Response to "Penjelasan dan Contoh Proposal Bantuan UMKM "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel