-->

Contoh Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Seputar proposal.com - Halo semuanya! Pada artikel ini kita akan membahas tentang contoh surat lamaran kerja. Tema ini diangkat dikarenakan beberapa hal, pertama, covid 19 sudah mulai menurun, kedua, para pencari pekerjaan sudah mulai mencari-cari pekerjaan.

Nah, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, secara formalnya kita membutuhkan surat lamaran pekerjaan. Namun, ada baiknya kita mengetahui empat hal berikut ini.

Baca juga:


Contoh menulis surat lamaran kerja



1. Apa itu surat lamaran pekerjaan?


Surat lamaran pekerjaan adalah sebuah surat permohonan yang dibuat oleh seorang pelamar untuk dikirimkan kepada perusahaan atau instansi tempat ia melamar untuk mendapatkan pekerjaan.

Surat lamaran kerja ini merupakan salah satu jenis surat yang bersifat formal, memiliki aturan penulisan yang baku, harus menggunakan bahasa baku, tidak perlu bertele-tele, dan harus menggunakan bahasa yang singkat lagi jelas.

2. Bagaimana menulis surat lamaran kerja?


Surat pekerjaan bisa ditulis dalam bentuk soft ware maupun tulisan tangan. Sebenarnya hal ini disesuaikan dengan permintaan perusahaan atau instansi tujuan kita melamar pekerjaan. Ada perusahaan yang meminta surat lamaran kerja dibuat dengan microsoft word, difotokan, atau pun discan. Surat lamaran kerja bersifat formal dan kadang-kadang menjadi agak formalitas. Meskipun begitu, surat lamaran kerja merupakan dokumen yang penting dalam proses mencari pekerjaan.

3. Contoh berkas lamaran kerja apa saja?


Pada dasarnya surat lamaran pekerjaan itu bisa jadi satu lembar. Namun biasanya surat lamaran pekerjaan disertai dengan beberapa lampiran yang disesuaikan dengan permintaan instansi atau perusahaan tempat kita melamar. Berkas yang diperlukan surat lamaran pekerjaan diantaranya ijazah, surat rekomendasi, dan cv.

4. Apa bedanya surat lamaran kerja dan cv?


Surat lamaran pekerjaan dengan cv itu berbeda. Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan melamar pekerjaan yang ditujukan kepada pihak perusahaan atau instansi yang dituju. Sedangkan CV adalah dokumen yang berisi biodata dan riwayat hidup pelamar. Hubungan cv dengan surat lamaran pekerjaan adalah sebagai pelengkap atau lampiran.

Isi surat lamaran pekerjaan


Membuat surat lamaran pekerjaan sama seperti membuat surat lainnya. Surat lamaran pekerjaan ini termasuk surat formal. Di antara hal yang perlu ada di dalam surat lamaran pekerjaan adalah:

1. Salam pembuka
2. Titi mangsa
3. Tujuan surat
4. Maksud surat
5. Salam penutup
6. Tanda tangan

Sekian dulu pembahasan dari kami, semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Cara Menulis Surat Lamaran Kerja "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel