-->

(Pdf) Contoh Proposal Usaha Penginapan

Pada artikel ini akan disajikan sebuah contoh proposal usaha penginapan. Proposal usaha merupakan proposal yang dibuat oleh seorang pengusaha untuk menjalankan usahanya. Bisnis usaha penginapan ini tergolong usaha yang menjanjikan dan juga termasuk kategori bisnis jangka panjang.

Pembuatan proposal usaha memiliki beberapa tujuan. Di antaranya untuk membuat sebuah usaha menjadi formal dengan adanya panduan atau ketentuan lengkap mengenai usaha yang akan dijalankan. Selain itu, proposal usaha juga dibuat untuk dokumen dalam melakukan kerjasama, sponshorship, atau permohonan bantuan dana untuk modal usaha.

Baca juga:

proposal usaha penginapan



Berikut ini contoh proposal usaha penginapan.


Download Contoh Proposal Usaha Penginapan

A. Latar Belakang

Garut merupakan sebuah daerah yang indah. Garut dijuluki kota intan karena keindahannya dan kealamiannya. Garut masih termasuk kota yang asri dan alami. Wisata di garut, dari mulai wisata alam pegunungan sampai wisata alam pantai menjadi sebuah anugerah dan kebanggaan tersendiri.

Garut merupakan wilayah yang luas. Ada wacana pemekerana kabupaten untuk daerah Garut Selatan. Garut Selatan memang sudah memenuhi sebagian pesyaratan untuk menjadi daerah kabupaten pemekeran. Garut selatan, dari segi wisata alamnya memiliki pantai yang terbentang luas. Apabila pemekaran daerah Garut selatan sudah diresmikan, maka akan ada pemusatan kota baru. oleh karena itu, wisata-wisata pantai Garut selatan kan semakin ramai dikunjungi.

Bersamaan dengan wacana tersebut, Isnen Project selaku salah satu perusahaan berkembang di wilayah Garut akan ikut berpartisipasi dalam pembangunan daerah Garut selatan. Salah satunya adalah pembentukan usaha penginapan di beberapa pantai Garut selatan yang berpotensi ramai pengunjung.

B. Deskripsi usaha

Usaha yang akan dibentuk oleh Isnen Project adalah usaha penginapan di beberapa pantai Garut selatan. Usaha penginapan ini akan diproyeksikan untuk beroperasi pada akhir tahun 2020. Meskipun pemekaran Garut selatan masih belum diresmikan, tetapi sesuai dengan data yang didapat oleh salah satu direktur proyek di Isnen Project menyebutkan bahwa pemekaran Garut selatan sudah mulai dalam proses administrasi.

Isnen project memproyeksikan beberapa penginapan dibuat di beberapa pantai yang berpotensi ramai pengunjung. Usaha penginapan ini akan dipromosikan melalui promosi on line dan iklan off line. Isnen project akan menyesuaikan pembangunan penginapan dengan selera pengunjung dan suasana pantai Garut selatan.

C. Peluang Usaha

Isnen project melalui direktur marketing sudah melakukan upaya penelitian mengenai peluang usaha penginapan di pantai Garut selatan ini. Terdapat beberapa faktor yang mendorong Isnen Project berinisiatif memulai usaha penginapan ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Wacana pemekaran daerah Garut selatan menjadi kabupaten baru.
2. Potensi keindahan alam pantai selatan yang menarik.
3. Wisata pantai Garut selatan yang mulai berkembang ramai dikunjung wisatawan.

Dari berbagai peluang usaha yang sudah diperhitungkan, maka Isnen Project memberanikan diri ikut berpartisipasi dalam pergelutan usaha penginapan di pantai Garut selatan ini.

D. Modal

Pembuatan usaha penginapan ini tentunya membutuhkan modal. Dari mulai sewa tanah, pembangunan penginapan, upah pekerja, dan biaya operasional penginapan. Setelah diperhitungkan, berikut anggaran biaya usaha penginapan.

1. Sewa tanah         : Rp. 100.000.000 untuk tiga tempat di tiga pantai
2. Pembangunan penginapan : Rp. 300.000.000 untuk tiga tempat di tiga pantai
3. Upah pekerja         : Rp. 30.000.000 untuk 15 orang pekerja per bulan
4. Biaya operasional         : Rp. 60.000.000 untuk tiga tempat di tiga pekerja

E. Penutup

Usaha penginapan ini merupakan salah satu proyek baru di perusahaan Isnen Project. Dari satu proyek dengan proyek lainnya diharapkan memiliki kesinambungan di dalam penghasilan dan pemanfaatan bagi banyak orang. Semoga usaha penginapan ini juga menjadi usaha yang bermanfaat dan disukai sesuai dengan kebutuhan wisatawan.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Usaha Penginapan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel