-->

(Pdf) Contoh Proposal Usaha Laundry

Pada artikel ini akan disajikan sebuah contoh proposal usaha laundry. Proposal usaha merupakan proposal yang dibuat oleh seorang pengusaha untuk menjalankan usahanya. Bisnis usaha laundry ini tergolong bisnis yang menjanjikan dan termasuk kategori bisnis jangka panjang.

Pembuatan proposal usaha memiliki beberapa tujuan. Di antaranya untuk membuat sebuah usaha menjadi formal dengan adanya panduan atau ketentuan lengkap mengenai usaha yang akan dijalankan. Selain itu, proposal usaha juga dibuat untuk dokumen dalam melakukan kerjasama, sponshorship, atau permohonan bantuan dana untuk modal usaha.

Baca juga:

proposal usaha laundry



Berikut ini contoh proposal usaha laundry.


Download Contoh Proposal Usaha Laundry

A. Latar Belakang

Berwirausaha merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh manusia untuk menyambung hidup. Berbicara tentang usaha atau bekerja, kami dari Isnen Project mengembangkan berbagai cabang usaha demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Demi mewujudkan visi di atas, kami berinisiatif untuk memulai usaha laudry. Usaha laundry merupakan usaha yang menjanjikan meskipun skalanya tidak begitu besar. Usaha laundry memiliki target pasar yang jelas dan tetap.

B. Deskripsi Bisnis

Kami selaku rekan-rekan dari Isnen Project akan memulai membuka cabang usaha baru, yakni usaha laundry. Usaha laundry merupakan usaha jasa pencucian pakaian dan alat-alat rumah tangga yang termasuk kategori terbuat dari benang. Pakaian seperti baju, celana, peralatan tidur, alas-alas lantai seperti karpet adalah beberapa contoh barang yang dapat dilaundry.

Usaha laundry ini menargetkan wilayah pemasaran dalam cakupan ruang lingkup kecamatan. Dengan cakupan tersebut, maka target dari usaha laundry ini dapat dikategorikan luas dan besar. Oleh karena itu, kita akan memerlukan tempat khusus untuk usaha dengan melibatkan beberapa karyawan pekerja.

C. Survei Pasar

Dalam menjalankan sebuah usaha diperlukan survei pasar. Survei pasar adalah salah satu strategi usaha untuk melihat dan meneliti keadaan di pasaran sehingga dapat diterapkan pada usaha yang akan kami jalankan.

Kami melakukan survei pada tiga kategori: pesaing, konsumen, dan kualitas. Survei menunjukkan bahwa di wilayah yang kami targetkan sebagai usaha, hanya terdapat dua jasa usaha laundry yang sudah berjalan.

Perihal konsumen, survei menerangkan bahwa dari semua jumlah warga, sekitar 30% adalah pengguna aktif jasa laundry barang ringan seperti pakaian sehari-hari. Jika dijumlahkan dengan pengguna jasa laundry barang berat seperti karpet dan peralatan tidur, pengguna aktif jasa laundry adalah sekitar 50%.

Perihal kualitas, kami telah mensurvei dan menemukan fakta bahwa kepuasan konsumen terhadap jasa laundry yang telah berjalan adalah sekitar 60%. Angka tersebut adalah angka yang kecil untuk kategori kualitas. Fakta yang kami dapat dari survei adalah terdapat ketidakpuasan dikarenakan waktu pencucian yang lama.

D. Peluang Bisnis

Berdasarkan survei pasar di atas, maka kami membuat beberapa poin-poin yang menerangkan tentang peluang bisnis ini.

1. Sedikitnya jumlah pesaing dalam cakupan kecamatan menjadi salah satu faktor peluang bisnis usaha laundry ini.

2. Jumlah konsumen memang tidak lebih dari angka 50% dari jumlah penduduk. Tetapi jika cakupannya adalah kecamatan, maka jumlah yang tertera pada survei pasar sudah menjadi jumlah yang cukup untuk dijadikan peluang bisnis ini.

3. Kualitas jasa usaha laundry ini sangat kami garis bawahi. Pasalnya dengan meningkatkan kualitas berdasarkan keluahan konsumen, itu menjadi faktor yang sangat penting dalam memulai usaha laundry ini.

E. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry. Untuk lebih lengkapnya lihat download.

F. Perencanaan Anggaran

Bisnis usaha laundry ini tentunya membutuhkan penganggatan biaya. Berikut ini rinciannya yang bisa dilihat didownload.

G. Penutup

Jasa usaha laundry ini bukan lah usaha jenis baru di wilayah usaha jasa. Tetapi bukan lah hal buruk jika kita mencoba membuka usaha laundry ini. Poin yang harus jadi pertimbangan adalah peluang bisnis. Jika peluangnya bagus, maka kenapa tidak kita mencobanya. Semoga usaha laundry ini berjalan, berhasil, dan penuh keberkahan.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Usaha Laundry"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel