-->

(Pdf) Contoh Proposal Pengajuan Dana Renovasi Masjid

seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh proposal pengajuan dana renovasi masjid. Masjid adalah rumah ibadah orang muslim. Masjid harus memiliki bangunan yang bisa membuat pengunjungnya nyaman. Oleh karena itu, diperlukan renovasi.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Renovasi Masjid



Berikut ini contoh proposal pengajuan dana renovasi masjid.


Surat Permohonan Pengajuan Dana


Dalam rangka peningkatan ibadah, Iman dan Taqwa kepada Allah SWT, kami Ta’mir Masjid Al Istiqomah RW. 07 Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas bermaksud Membangun/ Merehab Masjid Al Istiqomah yang saat ini kondisinya sudah rusak dan kurang nyaman untuk kegiatan beribadah.

Masjid yang kami rencanakan berukuran 14 x 18 meter dengan Anggaran Biaya sebesar Rp. 120.000.000,- (seratus dua puluh juta rupiah) Adapun dana awal yang sudah terkumpul sejumlah Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) yang berasal dari Kas Masjid, Donatur, dan sumbangan dari Masyarakat RW. 07 Desa Jingkang dalam bentuk uang dan barang.

Mengingat keterbatasan dana pada kami dan kebutuhan yang belum mencukupi, maka kami mohon bantuan dana dari Pemerintah Propinsi Jawa Tengah membantu memenuhi kekurangan dana tersebut:

Pendahuluan


Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan anugerah-Nya yang melimpah kepada kita semua, semoga menjadikan hamba-Nya senantiasa bersyukur. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, nabi yang menuntun umat manusia dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang.

Tugas seseorang hamba Allah adalah mengabdi kepada Sang Pencipta dan tidak ada yang diidam – idamkan dan dicita – citakan agar selalu bermanabah dan ma’rifat dengan sebenar – benarnya untuk mendapatkan ridho-Nya sehingga tatkala ke pangkuan-Nya tetap keadaan Iman Islam dan memperoleh predikat Khusnul Khotimah.

Masjid adalah pusat ibadah dan pembinaan mental umat Islam, oleh karena itu keberadaannya mutlak sangat diperlukan guna membentuk masyarakat yang beriman, berakhlak mulia dengan tujuan akhir mendapatkan kesejahteraan di dunia dan di akhirat.

Berangkat dari sinilah kami ta’mir masjid Al Istiqomah yang mengemban amanah dari masyarakat khususnya RW. 07 Desa Jingkang sangat prihatin dengan kondisi masjid yang dirasa sudah kondisinya rusak dan kurang nyaman untuk kegiatan peribadahan sehingga dengan upaya maksimal bermaksud membangun / merehab kembali Masjid Al Istiqomah ini agar mampu menampung jama’ah lebih banyak, juga dapat sebagai sarana belajar Agama Islam seperti Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) atau sejenisnya.

Nama Kegiatan


Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Pembangunan Masjid Al Istiqomah RT. 04 RW. 07 Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Maksud dan Tujuan

a.       Maksud dibangunnya Masjid Al Istiqomah adalah lebih berorientasi kepada pengadaan sarana ibadah sebagai syiar agama Islam dan eksistensi pembinaan mental menuju Akhlakul Karimah.

b.      Tujuan
1.       Menyediakan tempat ibadah yang mampu menampung para jama’ah.
2.       Menyediakan sarana belajar mengajar dan pembinaan mental umat.
3.       Memotivasi umat Islam untuk meningkatkan kesadaran menjalankan ajaran agamanya. 
4.       Terciptanya Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Basyariyah.

Manfaat Kegiatan


Meningkatkan ibadah serta wawasan keagamaan secara benar dan berkesinambungan serta memberi keteladanan kepada generasi yang akan datang.

Pelaksanaan dan Lokasi

Insya Allah kegiatan Pembangunan Masjid Baitul Khimah tersebut akan dimulai pada bulan Desember tahun 2011 yang berlokasi di RT. 04 RW. 07 Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Pembiayaan

Pembangunan Masjid Al Istiqomah diperkirakan membutuhkan Anggaran Biaya sebesar Rp. 120.000.000,- (seratus dua puluh juta rupiah). Adapun dana awal yang sudah terkumpul sejumlah Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah). Adapun kekurangan tersebut diharapkan dari sumbangan para Aghniya, Dermawan, Pemerintah, dan Pihak Swasta.

Penutup


Dengan mengucap Alhamdulillahirobbil’alamin sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT karena Proposal Pembangunan Masjid Baitul Khimah ini telah dapat kami susun sebagai acuan pelaksanaan kegiatan sekaligus bahan pertimbangan berbagai pihak yang membantu kegiatan ini.

Akhirnya kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik pemerintah maupun perorangan yang dengan tulus ikhlas mendermakan sebagian harta demi kelancaran pembangunan Masjid ini. Semoga amal yang diberikan akan menjadi amal sholeh dan mendapatkan imbalan pahala dari Allah SWT.

Download contoh proposal pengajuan dana renovasi masjid. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Pengajuan Dana Renovasi Masjid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel