-->

Contoh dan Pembahasan Proposal Usaha Bakery

Seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang proposal usaha bakery. Seperti yang telah kita ketahui bahwa di sini disediakan berbagai jenis contoh proposal baik itu proposal kegiatan maupun proposal usaha. Di sini juga disediakan berbagai uraian pembahasan seputar proposal.

Baca juga:

Usaha Bakery


Usaha bakery ini termasuk usaha rumahan. Secara sederhana semua orang yang memang bisa membuat bakery bisa memperjualbelikannya. Mari kita ingat-ingat di masa lebaran, ada beberapa orang yang memang menjadi tempat pemesanan bakery untuk hidangan lebaran.

Namun sebuah bisnis tidak bisa dikatakan mudah. Ada hal-hal yang perlu kita pelajari tentang bisnis. Ada juga hal-hal yang perlu kita lalui dalam berbisnis.

Hal yang mesti kita garisbawahi adalah berani mencoba, berani mengambil resiko, dan memiliki harapan. Dalam berbisnis, termasuk di antaranya adalah usaha bakery, kita perlu mencobanya. Apalagi kalau memang hal itu termasuk hobi kita. Karena akan sangat menyenangkan jika hobi kita bisa menghasilkan uang.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Usaha Bakery


Untuk memulai usaha bakery, kita harus memperhatikan beberapa hal yang lazimnya dilalui dan dipraktikkan oleh usaha di bidang lainnya. Misalnya hal yang membuat bakery menjadi istimewa, promosi, dan servis. Tentunya, hal yang terpenting adalah kita harus membuat bakery yang sangat enak.

Di antara hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha bakery:

1. Kita merupakan orang yang handal dalam membuat bakery

2. Kita memiliki modal untuk membuat bakery

3. Kita memiliki kemauan untuk berbisnis atau rekan yang memiliki kemampuan untuk berbisnis

Persiapan untuk Memulai Usaha Bakery


Untuk memulai usaha bakery, kita harus melakukan beberapa persiapan. Di antaranya 1) merencanakan 2) menghitung modal 3) survei keadaan pasar 4) promosi dan 5) membuat analisis SWOT.

1. Perencanaan

Perencanaan suatu usaha meliputi semua kegiatan yang akan dilalui oleh seorang pengusaha. Seorang pengusaha akan berpikir mengenai rencana yang mungkin dilakukannya untuk memulai usaha bakery. Baiknya perencanaan usaha ini dituangkan dalam bentuk proposal usaha bakery.

2. Permodalan

Kita juga perlu mempersiapkan modal. Perkirakan terlebih dahulu modal yang kita butuhkan untuk memulai usaha bakery ini. Kemudian tuangkan dalam bentuk RAB yang nantinya akan ada di dalam proposal usaha bakery.

3. Survei Pasar

Survei pasar adalah kegiatan mengkaji dan meneliti keadaan pasar. Hal ini penting di lakukan agar kita bisa bersaing di pasaran. Terlebih lagi kita akan mendapatkan data tentang bagaimana caranya kita bertahan dalam bisnis ini.

4. Promosi

Kita juga harus melakukan promosi untuk memasarkan usaha bakery ini. Coba pecahkan permasalahan bagaimana caranya agar usaha bakery ini terkenal dan diminati banyak orang. Hal ini menjadi salah satu persiapan yang tidak boleh dilewatkan.

5. Analisis SWOT 

Analisis SWOT merupakan sebuah analisis yang bisa dilakukan dalam memulai usaha. Di sini kita mengkaji tentang keunggulan dan kekurangan usaha bakery. Kita juga mengkaji peluang dan tantangan usaha bakery yang ada di pasaran.

Pentingnya Membuat Proposal Usaha


Proposal usaha merupakan sebuah dokumen tentang perencanaan suatu usaha. Di dalam proposal usaha terdapat identitas perusahaan, produk yang dijual, dan penganggaran biaya. Semua disajikan secara formal dalam bentuk proposal usaha. Di antara tujuan dibuatnya proposal usaha adalah sebagai berikut.

1. Sebagai pematangan rencana usaha
2. Sebagai dokumen penting untuk pemilik usaha
3. Sebagai dokumen yang bisa dijadikan permohonan bantuan dana atau sponsor

Struktur Proposal Usaha Bakery


Struktur proposal usaha bakery ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Cover
2. Pendahuluan
3. Isi
4. Penutup

Proposal Usaha Bakery



Contoh Proposal Usaha Bakery


Membuat Cover Proposal

Kita perlu membuat cover proposal untuk menarik para pembaca proposal. Cover proposal berisi judul proposal, logo, alamat, dan tahun.

Pendahuluan

Poin pendahuluan berisi uraian latar belakang dan tujuan mengapa kita akan memulai usaha bakery ini.

Profil bisnis

Poin profil bisnis berisi tentang profil bisnis usaha baker mulai dari nama usaha, alamat, dan produk yang dijual.

Survei Pasar

Poin survei pasar berisi uraian tentang hasil survei yang telah dilakukan untuk mengkaji kompetitor dan peluang usaha.

RAB

Poin RAB berisi tentang rancangan anggaran biaya untuk usaha bakery.

Penutup

Poin penutup berisi harapan dan doa.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang proposal usaha bakery. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

0 Response to "Contoh dan Pembahasan Proposal Usaha Bakery "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel