-->

Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni (Sekolah)

Pada artikel ini akan disajikan sebuah contoh proposal kegiatan pentas seni yang dilaksanakan di sekolah dan oleh sekolah. Proposal kegiatan merupakan suatu dokumen yang wajib dibuat dalam sebuah kegiatan, apalagi jika pelaksana kegiatan itu merupakan organisasi formal yang memiliki payung hukum.

Salah satu kegiatan yang bisa dilaksanakan di sekolah adalah kegiatan pentas seni. Kegiatan pentas seni ini merupakan kegiatan pengembangan minat dan bakat siswa dan bisa menjadi salah satu program kerja dari organisasi siswa intra sekolah.

Baca juga:

proposal kegiatan pentas seni


Berikut ini contoh proposal kegiatan pentas seni.



A. PENDAHULUAN

Seni merupakan sesuatu yang mengandung estetika. Kesenian merupakan suatu keindahan yang bersifat alamiah yang dianugerahkan Tuhan kepada makhluk-Nya. Alam mengandung seni. Hewan mengandung seni. Begitu pula manusia, kesenian sudah ada di dalam dirinya masing-masing. Hanya saja sebagian dari seni itu perlu digugah, diberi stimulus, dan juga dilatih.

Berdasarkan hal di atas, dirumuskanlah sebuah kegiatan yang disebut dengan pentas seni. Pentas seni merupakan kegiatan kemanusiaan yang berisi pementasan berbagai kesenian. Tujuan utamanya tidak lain adalah untuk menggugah jiwa seni dari para peserta.

Sebagai suatu lembaga pendidikan dan pengajaran, sudah sepatutnya sekolah mengadakan kegiatan pentas seni. Dan hal itu memang telah menjadi salah satu program kerja di sekolah melalui kepengurusan OSIS.

Termasuk untuk tahun ini, pihak SMA al-Isnaeniyah bersama kepengurusan OSIS dan MPK mengagendakan sebuah kesenian pentas seni yang berpesertakan para siswa. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, jiwa seni para siswa dapat muncul ke permukaan sehingga dapat dikembangkan oleh dirinya dan juga pihak lain.

B. NAMA KEGIATAN

Berdasarkan hasil musyawarah panitia, kegiatan ini dinamai “Pentas Seni Siswa-Siswi SMA al-Isnaeniyah”.

C. TEMA KEGIATAN

Berdasarkan hasil musyawarah panitia, kegiatan ini diberi tema “Biarkan Seni yang Berbicara”.

D. TUJUAN KEGIATAN

Berikut ini poin-poin tujuan kegiatan Pentas Seni Siswa-Siswi SMA al-Isnaeniyah.

1. Berperan aktif dalam mengembangkan minat dan bakat siswa terutama dalam bidang seni.
2. Melakukan penggalian dan pemberian stimulus dengan diadakannya agenda perlombaan dan pameran seni agar jiwa seni siswa dapat terlihat.

E. DASAR HUKUM KEGIATAN

Kegiatan Pentas Seni Siswa-Siswi SMA al-Isnaeniyah ini dilandasi dasar hukum sebagai berikut.

1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS SMA-MPK al-Isnaeniyah
2. Rapat Kerja Pengurus OSIS-MPK al-Isnaeniyah masa kerja 2019-2020

F. AGENDA KEGIATAN

Berikut ini agenda kegiatan Pentas Seni Siswa-Siswi SMA al-Isnaeniyah.

1. Lomba Seni Stage
2. Lomba Seni Room

Lomba seni stage merupakan perlombaan dari cabang seni musik. Beberapa seni yang dipentaskan di antaranya adalah parade band, instrumen musik giano (gitar dan piano), dan lomba menyanyi.

Sedangkan lomba seni room merupakan perlombaan dari cabang seni rupa. Beberapa seni yang dipentaskan adalah lomba kaligrafi, lomba potografi, dan pameran lukisan.

G. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan Pentas Seni Siswa-Siswi SMA al-Isnaeniyah ini akan dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 28-29 Agustus 2020 bertempat di SMA al-Isnaeniyah.

H. KEPANITIAAN KEGIATAN

Untuk versi lengkapnya, silakan download pada link yang telah disediakan.

I. PESERTA KEGIATAN

Peserta pada kegiatan Pentas Seni Siswa-Siswi SMA al-Isnaeniyah adalah siswa-siswi SMA al-Isnaeniyah.

J. RAB

Berikut ini rencana anggaran biaya kegiatan Pentas Seni Siswa-Siswi SMA al-Isnaeniyah.

Untuk versi lengkapnya, silakan download pada link yang telah disediakan. 

K. PENUTUP

Kegiatan Pentas Seni Siswa-Siswi SMA al-Isnaeniyah ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan minat dan bakat para siswa. Dari kegiatan ini diharapkan para siswa dapat tergugah dan terpancing jiwa seninya sehingga dapat dikembangkan dan dilatih. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan diberi keberkahan oleh Allah.

0 Response to "Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni (Sekolah)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel